Translate Place

Ingin mengcopy artikel ? sertakan saja link blog ini ^.^

Selasa, 13 November 2012

Asal Usul Pokemon

Ini dia kali ini buat para sobat  penggemar pokemon ^-^  !! -->


       Awalnya pokemon muncul dari ide Satoshi Tajiri, seorang gamer yang juga insectihoic/penggemar serangga . Waktu dia melihat Game Boy di tahun 1989, dia pikir, lucu juga kalo bisa menransfer (tukeran) serangga melalui GameBoy. Setelah dia lempar idenya ke Shigeru Miyamoto dari Nintendo, dan diterima,
dia dan teman2xnya mulai bekerja membuat software-nya. Yang bernama nama Pocket Monsters, disingkat Pokemon.

       Berhubung dia tidak terlalu punya duit banyak, usaha majalah bareng temen2xnya hampir dijual seluruhnya demi biayain projek Pokemon. setelah enam tahun, akhirnya selesai juga game itu, tapi GameBoy udah ketuaan. Waktu dia pikir nggak bakal direlease, Miyamoto punya pikiran lain, soalnya mereka punya rencana gede buat GameBoy.

        Tahun 1995, keluarlah game Pokemon itu. Langsung dicinta seluruh Jepang dan dibenci juga soalnya bikin mereka yang main, lupa waktu. Marketing game ini nggak terkalahkan soalnya hampir segala bentuk benda konsumer yang ada di bumi ini dibuat versi pokemonnya mulai dari aksesori GameBoy sampe cat mobil. Ada peralatan makan, sekolah, dll.

Pokemon itu sendiri sebenarnya hewan-hewan yang mempunyai kelebihan tertentu dan unik ke jenis masing-masing.

Misalnya Pikachu. Dia itu tikus yang punya kekuatan listrik yang bisa dia pakai sebagai offense atau defense. Untuk bisa memakai serangan ini, dia mesti dilatih dulu sampai level tertentu. Semakin tinggi levelnya, semakin banyak serangan atau pertahanan yang bisa dia pakai, tapi dia cuma bisa punya paling banyak empat serangan tiap level. Kalau mau belajar serangan baru, salah satu harus dikorbankan dan tidak bisa dipakai lagi.

Kembali ke game-nya. Dari 151 Pokemon yang ada, hanya 140 yang tersedia di setiap cartridge. Cart warna merah berisi 140 Pokemon yang sebagian berbeda dengan yang ada di cart warna biru atau hijau. Cart hijau sama dengan yang biru, tapi cuma ada di Jepang. Objek dari game ini adalah untuk menjadi Pokemon master dengan mengumpulkan 150 Pokemon dan mengalahkan 8 Pokemon Gym Trainer di dalam game. Untuk mengumpulkan 150, pemain harus memiliki teman yang punya game yang sama tapi berbeda warna, lalu tukeran Pokemon. Cart-nya sendiri nggak dituker, cuma sebagian atanya.

Satu Pokemon yang tidak bisa ditangkap dengan cara biasa (main game biasa atau transfer dari cart lain) adalah Mew. Dia itu cuma available di Pokemon tour yang beredar di Amerika, Jepang, Eropa dan Australia, dan sekarang sudah berakhir.
, dengan suksesnya Pokemon di Gameboy, Nintendo bekerja sama dengan GameFreak (perusahaan majalahnya Tajiri) membuat serial anime-nya yang kini masih diproduksi. Anime Pokemon mulai disiarkan di Jepang tahun 1997, tapi karena satu episode yang mengakibatkan 700 anak Jepang menderita epilepsi, serial ini diturunkan dari TV. Empat bulan kemudian di bulan April 1998, Pokemon kembali mengudara setelah diputuskan bahwa hanya satu episode yang berakibat buruk dan tidak akan diputar ulang di manapun.

Sekarang, anime Pokemon disiarkan di banyak negara termasuk USA, Australia, New Zealand, Canada, Singapore, Hong Kong, Korea, Finlandia, Jerman, dll, dalam bahasa masing-masing. Di Jepang sendiri, serial ini sudah mendekati atau malah melewati episode 150. Setiap episode dibuat bersambung, kecuali beberapa episode spesial seperti episode natal dan tahun baru.

Game Pokemon sendiri sekarang sudah berkembang dengan keluarnya versi Pikachu atau nama aslinya, Pokemon Yellow Pikachu Edition. Versi ini lebih menyerupai versi anime dengan dimasukkannya tokoh-tokoh dan jalan cerita menurut seri anime. Selain itu, baru keluar juga Pokemon Gold dan Pokemon Silver yang berisi 100 Pokemon baru dengan berbagai macam improvement di game play, karakter baru, alat-alat baru, dsb. Seluruh Pokemon yang lama, bisa ditransfer ke versi baru ini untuk lebih melengkapi koleksi Pokemon yang sekarang menjadi 251.

Selain seri anime, Pokemon juga sudah diangkat ke layar lebar dengan Pokemon:Mewtwo Strikes Back, Pokemon Revelation Lugia, dan Legend of the Unknown Tower. Dalam bahasa Inggris, baru film pertama yang dialih bahasakan, sudah di release bulan Juni 1999, dan film kedua yang akan di release Juni 2000.

Nah itulah beberapa ulasan tentang Pokemon next time giliran gamenya ^-^
Next time tentang beberapa gamenya deh !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar